Laksanakan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Hukum ULB Gelar Konsultasi Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan dan Anak

Spread the love

Labura, Kamis 13 Juni 2024

Dalam rangka mewujudkan pengabdian pada masyarakat , Fakultas Hukum ULB Gelar Konsultasi Tentang Peran Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan dan Anak di Desa Perkebunan Labuhan Haji Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Narasumber dalam pengabdian masyarakat ini adalah Dekan FH ULB Ibu Risdalina, S.H., M.H, didampingin oleh para Dosen FH ULB beserta Mahasiswa Hukum Cabang Damuli. Dekan FH ULB menjelaskan bahwa kekerasan seksual dapat terjadi di dalam rumah tangga, ditempat pekerjaan, disekolah dan ditempat umum. atas sosialilasi tentang kekerasan seksual yang dipaparkan oleh narasumber mendapat antusias masyarakat dengan mengajukan pertanyaan dari Kepala Desa, Kepling Dusun, Bidan Desa, dengan mengaitkan kasus yang pernah terjadi di Desa Labuhan Haji.

Masyarakat Desa Labuhan haji sangat antusias menyambut kedatangan dari Civitas Akademika FH ULB yang berkunjung ke desa mereka, dengan program ini mereka sangat terbantu untuk mendapat penerangan mengenai persoalan kekerasan seksual yang pernah terjadi di lingkungannya.

Permasalahan didesa saat ini seharusnya mendapat perhatian lebih tidak hanya dari akademisi , justru pemerintahpun diharapkan lebih dekat dengan masyarakat dengan program program seperti ini, karena sangat membantu dari segi beban pikiran yang ada pada masyarakat tersebut.

Fakultas Hukum ULB dalam beberapa program kedepan akan membantu dari segi akademisi siap memberikan pemahaman hukum bagi masyarakat, khususnya yang ada di desa.