PENGABDIAN MASYARAKAT

Dosen Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu melakukan pengabdian masyarakat di Desa Hasang, Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kegiatan pengadian ini bertujuan untuk memberikan Edukasi Hukum terkait dengan Pelaksanaan Sistem Peradilan Anak terhadap Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana. Pemateri dalam pengabdian yang dilakukan adalah semua dosen Fakultas Hukum ULB, Indra Kumalasari Munthe, Elviana Sagala dan Muhammad Yusuf Siregar dan juga melibatkan mahasiswa dalam rangka memberikan Materi Hukum serta sosialisasi Universitas Labuhanbatu.

Indra Kumalasari Sari Munthe mengungkapkan bahwa “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan Langkah dan Upaya Hukum ketika terdapat Case yang berhubungan dengan anak. Ungkapnya.

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan sebagai upaya penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi kepada masyarakat dan juga dalam upaya memberikan Edukasi Hukum.

Dosen Prodi Hukum ULB, Muhammad Yusuf Siregar, SH. MH. dalam materinya mengatakan tentang “Dalam hal Penanganan Perkara terhadap anak yang berhadapan dengan Hukum harus mengutamakan metode Keadilan restoratif dan Konsep Hukum Diversi. Restoratif Justice adalah sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan kadang-kadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.

Elviana Sagala, SH. MKn menuturkan bahwa Rangkaian kegiatan pengabdian ini juga diisi dengan sosialasi kampus ULB agar menjadi prioritas tujuan pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara. saat ini mempunyai visi dan misi menjadi kampus yang Mandiri, Kreatif dan Berwirausaha.

Kepala Desa Hasang Bapak Mansur ketika diwawancarai menuturkan sangat menyambut Baik Kegiatan tersebut dan berharap kiranya kegiatan kegiatan seperti ini terus digalakkan, karena masyarakat di Desa sangat berharap dengan Edukasi Hukum. Pungkasnya.