Mahasiswa Semester VIII Fakultas Hukum ULB Laksanakan Praktek Peradilan Semu

Rantauprapat, Labuhanbatu.

Bertempat ruang Klinis Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu dilaksanaknnya kegiatan praktek perkara Perdata dan Pidana bagi mahasiswa/i semester VIII Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu, kegiatan klinis hukum tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2020. Adapun jumlah mahasiswa yang mengikuti praktek peradilan semu tersebut berjumlah 18 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, setiap mahasiswa wajib memakai masker. Kegiatan praktek peradilan semu tersebut di bimbing langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu Ibu Risdalina, SH.MH.

Dalam kesempatan yang sama sebelum kegiatan peradilan semu dilaksanakan, Ibu Risdalina dalam sambutannya menyampaikan bahwa peradilan semu adalah kegiatan yang sangat baik dan efektif sebagai upaya mengkombinasikan pengembangan intelektual dengan kemampuan teknis bagi mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu yang kelak di masa depan akan jadi aktor-aktor penegak hukum, selain itu juga sebagai sarana pendidikan dan pelatihan hukum yang diajarkan di Fakultas Hukum ULB menjadi media praktik beracara dan mengembangkan keterampilan hukum yang terkait dengan simulasi, prosedur beracara dalam penanganan suatu perkara hukum. Adapun kasus perkara kegiatan peradilan semu tersebut yaitu kasus perkara pidana tentang pembunuhan, dan kasus perkara perceraian di Pengadilan Agama (PA).

Adapun nama- nama mahasiswa/i yang menikuti praktek peradilan semu tersebut yaitu David  Verey Hasibuan, Harun Yusuf, Yesy Utami Ningsih, Marcvi Trisiani, Mardia, Mukhsin Juniardo, Widya Nigsih, Soni Candra Siregar,  Arismal Hasibuan, Ahmad Nursal, Partini, Randi Syahputra, Daniel Gultom, Sri Mulyani, Eva Severina, Rick Davis Sianipar, Adi Dharma, Aulia Rahman.

Melalui kegiatan peradilan semu ini nantinya mahasiswa/i dapat lebih mengerti dan memahami tugas para pihak mulai dari Hakim, Jaksa, Advocat, Terdakwa, Saksi, Panitera dalam menangani kasus Pidana dan juga memahami tugas para pihak yang menangani kasus perdata. Mudah-mudahan dari kegiatan peradilan semu yang dilaksanakan ini dapat menambah wawasan dan kompetensi para mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Labuhanbatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *